Tuesday, January 11, 2011

Masalah Beternak Kenari 3

Kenari
Kadang kita berfikir beternak kenari adalah ternak paling mudah daripada pekicau yang lain, pengalaman ini dirasakan oleh teman saya yang mencoba beternak kenari dan pengalaman saya pribadi selama beternak kenari, penulis hanya ingin menyampaikan pengalaman ini kepada pembaca yang mungkin juga mengalami hal yang sama dan penulis juga ingin memberikan solusinya juga. Atau jika ada pembaca yang mungkin kurang setuju dengan pengalaman saya ini mungkin kita dapat berbagi pengalaman.
Teman saya pernah mendengar dari para penggemar pekicau kalau beternak pekicau yang paling mudah adalah beternak kenari akan tetapi pada saat dia mencoba beternak kenari sendiri dia merasakan bahwa dalam beternak kenari tidaklah semudah yang orang bilang disinilah dia bisa merasakan kalau beternak kenari haruslah ekstra hati - hati, sabar dan tekun. Teman saya pernah mengeluh "Wah, ternyata beternak kenari sulit juga untuk memilih pejantannya saja bingung, kalau hanya sekedar berkicau mudah tinggal beli aj, tapi untuk mencari pejantan yang bisa ngisi sulit juga". Istilah ngisi sudah penulis jelaskan dalam postingan memilih pejantan penulis juga sudah menjelaskan bagaimana mencari pejantan yang bagus pada postingan memilih pejantan disinilah baru dia paham untuk mencari pejantan yang ngisi haruslah kita coba dulu untuk dikawinkan dengan kenari betina kalau kenari betina tersebut sudah bertelur dan kemudian menetas bisa dikatakan kalau pejantan tersebut ngisi.
Ada trik beternak kenari atau tips beternak kenari lain yang dapat menentukan kenari jantan tersebut ngisi atau tidak ngisi, kita dapat melihat dubur kenari jantan tersebut kalau dekat dubur atau disekitar dubur sudah berwarna merah itu bisa dikatakan kalau kenari jantan tersebut sudah siap untuk dijadikan sebagai pejantan, istilah dubur pada kenari jantan biasanya disebut dengan kata PEN, pada dasarnya semua kenari jantan bisa ngisi hanya saja tergantung pada si peternak atau orang yang pertama kali memelihara kenari tersebut, karena untuk membuat kenari jantan tersebut ngisi kita dihadapkan pada makanan dari kenari jantan tersebut kalau hanya diberi makanan biji - bijian saja biasanya kenari tersebut cenderung menggemukkan badannya saja haruslah diberi makanan ekstra lainnya juga seperti sayuran dan telur atau ditambahkan buah - buahan sehingga dapat memacu horman kenari jantan. Tips beternak kenari atau Trik Beternak kenari ini juga berlaku untuk kenari betina.
Ini hanyalah pengalaman saya dalam beternak kenari kalau ada yang ingin sering tentang beternak kenari bisa call di email ini didiex21@gmail.com

No comments:

Post a Comment