Thursday, July 14, 2011

Perawatan Anakan Kenari 2

Anakan Kenar
Salam jumpa lagi para pembaca dengan Canari Zuet,,,
Saya ingin berbagi pengalaman yang saya dapatkan baru saja dari seorang teman dimana beliau juga memiliki peternakan burung kenari walaupun beliau seorang peternak pemula akan tetapi hasil yang sangatlah mengembirakan bagi beliau yang sekedar tertarik akan beternak burung kenari hanya dari teman hasilnya sekarang sudah bisa sangat terlihat. Belum ada 6 bulan dengan keterbatasan indukan betina burung kenari sudah menghasilkan anakan burung kenari sudah mencapai puluhan ekor anakan burung kenari bahkan sudah ada yang ditawar oleh temannya akan tetapi masih belum diberikan karena beliau masih ingin mengambil anakan burung kenari tersebut untuk BF nya sendiri atau peternakannya sendiri. Beberapa hari yang lalu pada saat kami diskusi tentang burung kenari beliau memiliki masalah dengan salah satu indukannya tapi bukan masalah indukan burung kenarinya akan tetapi masalah anakan burung kenarinya disinilah terjadi masalah yang kami bahas "ya ini hanyalah sharing saja mungkin ada teman - teman peternakan burung kenari BF yang memiliki masalah yang sama".
Beliau menanyakan kalau ada salah satu indukan burung kenari yang beliau ternak tidak bagus atau baik dikarenakan salah satu indukan burung kenarinya memiliki anakan burung kenari yang sudah kondisi besar atau saatnya dipisah dengan indukan burung kenari masih belum mau makan sendiri, anakan burung kenari tersebut masih meminta asuhan dari induk burung kenari tersebut bahkan kondisi yang terjadi lebih parah lagi anakan burung kenari tersebut tidak mau belajar makan sendiri. Pernah teman saya tersebut memaksakan kehendaknya untuk memisahkan anakan burung kenari tersebut yang terjadi sangatlah fatal anakan burung kenari tersebut hanya diam di bawah tidak mau bertengger dan cuman bunyi cit, cit, cit 1999x hihiihihiii yang ini bercanda. Dengan kendala seperti itu beliau tidak tega akhirnya dikembalikan kepada indukan burung kenari tersebut lagi kemudian indukan burung kenari tersebut meloloh nya (menyuapi). inilah yang terjadi pada peternakan teman saya tersebut, ada beberapa trik untuk menyikapi masalh tersebut di sini saya akan membagi pengalaman tersebut agar jika ada peternakan burung kenari yang lain bisa menyikapinya lebih bijaksana.
Ini adalah tips atau trik yang saya ketahui untuk masalah seperti di atas
  1. Jika menghadapi masalah seperti di atas jangan terlalu mengambil kesimpulan bahwa yang jelek adalah indukan burung kenari tersebut ingatlah yang dialami adalah anakan burung kenari bukan indukan burung kenari maka kita harus berfikir ke anakan burung kenari saja.
  2. Lihat kondisi anakan burung kenari tersebut apakah sudah benar - benar cukup dewasa untuk dipisah dengan indukan burung kenari, jika sudah cukup umur maka dipisah saja.
  3. Pada saat memisah anakan burung kenari tersebut jangan dipisah sendiri akan tetapi diberi teman beberapa burung kenari yang masih anakan dan anakan burung kenari yang harus sudah bisa makan sendiri.
  4. Indukan Kenari
  5. Perlu diingat lagi jangan menyampur dengan anakan burung kenari yang sudah dewasa baik itu burung kenari cowok ataupun burung kenari cewek karena yang terjadi jika pada saat makan cenderung anakan burung kenari yang terkecillah yang kalah kalau seperti itu terus anakan burung kenari tersebut cenderung hanya berada di bawah lebih parah lagi bisa diserang oleh anakan burung kenari yang lebih dewasa
Inilah tips atau trik yang pernak saya ketahui untuk menyelamatkan anakan burung kenari supaya dapat makan sendiri pada saat sudah dewasa, ya dengan kata lain kalau anakan burung kenari tersebut hidup maka pendapatan kita juga tidak mungkin berkurang sebaliknya akan semakin bertambah hehehheeeeeheeeee
Semoga saja tips atau trik beternak burung kenari ini dapat membantu para peternak burung kenari khususnya dalam produktifitas beternaknya supaya lebih meningkat lagi, dan kalau ada postingan yang mungkin kurang berkenan atau tidak sesuai dengan pengalaman para peternak burung kenari yang lain mungkin kita dapat membagi pengalaman kita bersama demi kemajuan peternakan atau BF Indonesia lebih maju dan menigkat, Terima kasih sampai jumpa di postingan yang berikutnya.
Sumber : MURJOKO TRI WIBOWO, BIRD FARM PENGGING - BOYOLALI
Alamat : Katongan, Jipangan, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia

No comments:

Post a Comment