Sunday, February 17, 2013

Urat - Urat Kaki Mati Pada Burung Kenari

Anakan Burung Kenari
Informasi yang belum ada jawabnya mungkin kalau ada temen - temen peternak yang tahu akan masalah ini bisa sharing disini.
Ada temen peternak yang memiliki pejantan f2 beliau merupakan pemain lama yang kembali breeding kenari sudah beberapa bulan berjalan dan anakan yang dihasilkan juga banyak yang minat setelah hampir 8 bulan pejantannya digunakan tanpa disadari ada masalah pada pejantan f2 tersebut sudah diberi obat ataupun vitamin berbagai cara tidak ada yang mampu menyembuhkan masalah yang dihadapi bahkan sudah bertanya pada dokter hewan dan masalah ini dialami oleh temen peternak yang lain beliau baru beli pejantan f1 baru digunakan 2 kali untuk ngawen betina masalah juga sama bahkan sampai terjadi kematian di pejantan tersebut, cuman yang menjadi pertanyaan adalah penyakit ini hanya menyerang jenis kenari f1 keatas.
Gejala - gejala yang dialami oleh burung kenari :
  1. Burung kenari cenderung aktif dan tidak terjadi masalah
  2. Kaki sampai pangkal paha cenderung berwarna kuning pucat
  3. Setelah beberapa lama warna kaki yang berwarna kuning pucat berubah menjadi coklat dan jari - jari kaki tidak bisa digerakan
  4. Setelah beberapa warna coklat seperti terbakar itu akan menyebar keseluruh kaki dan napsu makan burung kenari berkurang dan cenderung di bawah dan akibat yang fatal akan mengalami kematian karena tidak mau makan
Diatas merupakan ciri - ciri penyakit yang tanpa disadari oleh peternak dapat menyebabkan hal yang sangat fatal bagi pemilik dan dari jawaban dokter hewan yang diminta solusi dokter tersebut juga belum mengetahui jenis penyakit apa yang di alami burung kenari ini.
Mungkin kalau ada temen - temen peternak lain yang paham akan penyakit ini mohon solusinya, dan juga sekali lagi saya informasikan yang diserang oleh penyakit ini cuman jenis burung kenari f1 ke atas.

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET