Sunday, November 14, 2010

Pengaturan Sangkar

Seperti yang telah penulis jelaskan di postingan pertama Memilih Indukan Betina, jika kenari betina sudah siap untuk bertelur atau siap di masuki kenari pejantan maka keadaan sangkar haruslah sudah di persiapkan dulu sebelum kenari betina tersebut dimasukkan ke dalam sangkar. Di postingan ketiga Menjodohkan penulis juga sudah sedikit menyinggung bahwa kenari betina tidak hanya dapat dilihat dari segi fisik saja pada saat dia sudah siap di jodohkan akan tetapi juga bisa dilihat dari segi tingkah lakunya. Maka untuk mempersiapkan kita haruslah menata struktur sangkar misalnya tempat untuk bertelur, tempat makan dan tempat minum, tempat untuk ekstra foddingnya jg.
Dalam penggunaan sangkar pada saat akan menangkar kenari ada beberapa trik/tips, disini penulis hanya akan menjelaskan 2 trik/tips yang akan penulis jelaskan dikarenakan yang penulis bahas adalah langkah yang penulis kuasai dan pernah penulis terapkan dalam usaha peternakan.
Tips/trik pertama
Dalam beternak kenari ada yang menggunakan sangkar seperti pada pekicau biasa artina menggunakan sangkar kotak persegi biasa, penulis sudah sedikit menyinggung pada postingan ketiga Monjodohkan Kenari dini penulis akan menjelaskan lebih spesifik lagi, pertama sangkar yang akan digunakan berbentuk persegi tidak perlu terlalu tinggi atau lebar cukup dengan ukuran 30 x 40 sudah bisa digunakan untuk menangkar kenari. Kemudian bersihkan dulu sebelum digunakan oleh burung kenari pada ujung atau atas sangkar diberi minyak atau pelumas untuk menghidari adany gangguan dari hewan lain seperti semut, semut cenderung tertarik pada sangkar kenari sebab ekstra food yang nantinya akan ditambahkan adalah telur, semut suka dengan telur karena rasa telur manis. Sangkar juga haruslah halus pada ruji sangkarnya supaya kaki burung kenari tidak luka terkena ruji - ruji sangkar. Letakkan tempat untuk bertelur pada posisi paling pojok dari sangkar kemudian dari sisi luar sangkar tersebut tutupi dengan kertas dari luar supaya pada saat burung kenari mengerami telurnya burung kenari tidak terasa terganggu dari luar entah dari hewan atapun orang.
Pada bentuk beternak cara ini posisi sangkar dapat digantung atapun diletakkan di tempat - tempat yang rapat tertutup atau pun rendah yang terpenting tidak terlalu banyak gangguan. Kalau posisi sangkar digantung di atas atau atap rumah untuk diperhatikan keamanannya dari hewan lain misal tadi semut hewan pengganggu lain pada posisi sangkar seperti ini adalah tikus. Posisi yang digunakan selain sangkar digantung adalah diletakkan di ruang kemudian ruang tersebut diberi sap - sapan bertingkat yang nantinya sangkar tersebut akan diletakkan di atas sap - sap tersebut berjajar sepanjang sap tersebut, untuk keadaan ini ruang haruslah tertutup karena selain hewan pengganggu semut dan tikus, posisi ini juga akan menarik hewan lainnya juga seperti kucing dll.
Tips/trik kedua
Pada tips/trik yang kedua ini penulis tidak akan menjelaskan terlalu panjang karena tips/trik ini sudah sangat diketahui banyak orang misalnya jika anda berminat dengan trik/tips ini, bentuk sangkar bisa anda contoh dari sangkar beternak ayam petelur, sangkar yang digunakan memanjang lurus beberapa meter tergantung lebar ruang dan panjang ruang tersebut kemudian bentuk sangkar yang memanjang dan lebar tersebut dibagi - bagi sesuai dengan keinginan anda untuk tingginya juga selera anda sendiri yang nantinya anda memisah sangkar tersebut menjadi beberapa bagian itupun tergantung anda sendiri untuk tinggi sangkar dan lebar sangkar. Posisi tempat bertelur pada bentuk sangkar seperti ini haruslah lebih hati - hati usahakan tempat bertelur jangan saling berdekatan kalau posisi tempat bertelur berada pada posisi di sebelah kiri maka semua tempat bertelur di posisi kiri semua pada setiap sangkarnya. Bukannya penulis sok tau posisi seperti ini biasanya kurang mengunutngkan karena bentuk sangkar yang panjang dan lebar biasanya untuk membuat sangkar seperti ini butuh biaya yang sangat besar dan cenderung kurang bagus bagi burung kenari. Dilihat dari segi biaya dulu sangkar butuhkan kayu yang sangat panjang dan bermeter - meter dan juga butuh kawat kotak yang panjangnya menyesuaikan panjang dari sangkar tersebut. Kelemahan yang lain burung kenari tidak bisa dibawa keluar dari ruang karena sangkar yang menyatu dengan sangkar yang lain padahal burung kenari sangat suka dengan panas kalau sudah menetas burung kenari dan anakannya harus mendapat sinar matahari. Untuk contoh sangkar akan penulis lampirkan beberapa hari lagi untuk trik/tips penataan sangkar dan bentuk sangkar yang pertama
Selamat mencoba semoga sukses sampai jumpa lagi pada postingan masalah - masalah beternak kenari

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET