Thursday, November 18, 2010

Pengaturan sangkar kenari

Postingan ini adalah lanjutan dari postingan yang lalu tentang Pengaturan Sangkar penulis mau memperlihatkan pengaturan sangkar pada trik/tips yang pertama beternak kenari tanpa perlu modal yang relatif besar hanya karena dari segi sangkarnya saja. Anda bisa melihat dan mencoba sendiri di rumah langkah ini untuk pemula ataupun bagi yang sudah mahir kalau memang ada yang kurang dari penulis kita bisa sharing pengalaman tentang beternak kenari.
sangkar kenari
Inilah sangkar yang dapat penulis perlihatkan sebagai contoh.
Untuk beternak kenari tidaklah memerlukan sangkar yang sangat besar kita bisa membeli sangkar yang sedang di pasar - pasar burung/pekicau, Untuk ukuran juga tidak perlu terlalu besar ataupun panjang, bahkan tinggi cukup dengan ukuran yang sedang sekitar panjang 35 cm lebar 35 cm untuk tingginya sendiri cukup relatif dikarenakan banyak pembuat sangkar burung yang memiliki penafsiran yang berbeda - beda tapi penulis sarankan untuk memilih tinggi dari sangkar itu sendiri juga tidak perlu tinggi - tinggi khusus burung kenari tidak memerlukan sangkar yang tinggi karena burung ini sangatlah mudah beradaptasi diberbagai sangkar.

Untuk pengaturan yang lain mungkin pembaca sudah memperhatikan semua aspek dari gambar yang ada pada web tersebut di atas hanya saja penulis ingin berbagi lebih rinci lagi dengan pembaca tentang pengaturan sangkar yang lebih jauh dan mendetail lagi.
Perhatikan lagi gambar berikut ini.
Tempat Bertelur Kenari
Pada bentuk gambar disamping adalah pengaturan dari tempat untuk bertelur burung kenari untuk tempatnya sendiri pembaca tidak perlu susah payah mencari tempat bertelur yang bagus ataupun yang mahal karena untuk menghasilkan produk anakan yang bagus tidak dilihat tempat bertelurnya ataupun sangkarnya hanya saja untuk kebersihan sangkar harus tetap terjaga sebab jika tidak di bersihkan maka bisa menimbulkan penyakit bagi burung kenari tersebut. Untuk tempat bertelur bisa dari bahan kelapa seperti yang anda lihat tempat bertelur dari pelindung kelapa yang paling dalam untuk mencari bahan tidaklah sulit biasanya di toko - toko makanan burung banyak sekali dijual dan harganya pun relatif sangat murah dan terjangkau. Untuk bahan lain ada yang menggunakan dari bahan rotan yang dianyam oleh pembuatnya sesuai dengan bentuk tempat bertelur burung. Penulis hanya ingin menyarankan untuk yempat bertelur bebas hanya saja carilah tempat bertelur kenari yang bentuk tempatnya agak sedikit dalam agar pada saat bertelur posisi kepala tidak terlalu tinggi keatas, kadang kalau posisi kepala burung kenari keatas jika ada orang lewat burung tersebut akan menengok kekanan ataupun kekiri itu bisa membuat burung kenari berdiri dan telurnya tidak dikerami.
Sangkar Samping Kenari
Ini adalah gambar sangkar pada tahap akhir
Sangkar Belakang Kenari
Dilihat dari luar bagian kiri dari pintu sangkar agar tidak terlalu banyak gangguan oleh binatang pengganggu ataupun dari manusia sebaik diberi alas penutup pada posisi tempat bertelur tersebut itu di pasang, Gambar yang ada di smaping kanan tersebut adalah panutup dari posisi belakang sangkar fungsi penutup belakang juga sama dengan penutup di belakang sangkar. Untuk bahan penutup tersebut pembaca juga tidak perlu pusing untuk memberinya, penutup bisa dibuat dari berbagai jenis kertas yang ada hanya saja penulis ingin menyarankan bagi pembaca untuk penutup usahakan dari jenis kertas yang ukurannya sedikit agak tebal agar saat burung kenari mencoba untuk mematuk kertas tersebut tidak sobek dan dapat melindungi burung kenari pada saat mengerami telurnya.
Ini tahap akhir dari langkah tips/trik beternak kenari yang mungkin sudah banyak digunakan oleh peternak - petrnak kawakan karena langkah tersebut mudah digunakan dan diterapkan apalagi untuk trik/tips beternak cara ini yang paling populer karena tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya ataupun tempat yang luas.
Selamat mencoba sampai jumpa pada postingan masalah beternak kenari

No comments:

Post a Comment