Tuesday, May 8, 2012

Indukan Bertelur Di Wadah Pakan

Anakan KN Lokal
Pengalaman ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya dan juga ternyata saat saya buka - buka di forum group ternyata ada juga yang mengalami kejadian ini dan beliau juga minta solusi yang terjadi pada indukan betina burung kenarinya. Kejadian ini sudah 1 tahun yang lalu terjadinya akan tetapi baru saya postingkan sekarang ya mungkin saya lupa akan kejadian - kejadian yang terjadi saat beternak burung kenari maklumlah nama nya juga manusia he he he he he he he he he he,,,,mlah ngelantur kemana - mana ya,,,,kita kembali ke pembahasana saja,,,saat itu saya baru beli burung kenari betina dere yang sangat - sangat sudah siap produk, saat itu sebenarnya burung kenari betina tersebut udah siap dan juga dah bunder tarangannya yang kemudian saya masukki pejantan gak tau kenapa tiba - tiba saja tarangannya gak jadi dipakai untuk bertelur malahan indukan betina burung kenari tersebut bertelur di dalam wadah pakannya, saya ketahui saat burung kenari betina itu ngerami di dalam wadah pakannya saat saya lihat ternyata ada 1 telur di dalamny,,,,dan tarangan yang udah bunder itu pun di rusak ama burung kenari jantannya saat itu pun saya juga bingung mau diapakan kalau dah telur kayak gitu yang kemudian saya tanya - tanya ama yang berpengalaman yaitu Bapak Murjoko Tri Wibowo dimana beliau ini sudah beternak burung kenari bertahun - tahun lamanya.
Saat saya mengeluh akan permasalahan yang saya alami tersebut beliau memberikan solusi dengan santainya dan menjelaskan bahwa gak masalah kalau ada burung kenari bertelur di wadah pakannya median beliau menanyakan "telurnya dah berapa?" saya jawab "baru 1" kemudian beliau menjelaskan lagi biarkan dulu sampai 4 butir telurnya karena jika ngisi eman - eman bahasa jawanya kalau mau dipindahkan karena jika dipindah saat itu juga burung kenari betina cenderung kembali ketempat pertama kali burung kenari betina itu mengerami telurnya jadi biarkan aja sampai menetas dan tunggu sampai anakannya dewasa dan dipisahkan jadi kita sebagai peternak gak rugi begitu solusi pertamanya.
Kemudian penjelasan yang kedua dari beliau adalah cara mengatasi supaya burung kenari betina tidak kembali lagi menempati wadah pakan untuk tempat telurnya lagi, wadah pakan yang tanggung ataupun besar diganti dengan wadah pakan yang lebih kecil lagi biasanya wadah pakan untuk pleci ataupun untuk wadah pakan burung - burung kecil sebagai pengganti wadah pakan yang sering kita gunakan,,,,intinya adalah ganti wadah pakan besar itu dengan wadah pakan yang tidak bisa burung kenari betina tersebut muat didalamnya.
Itulah pencerahan yang beliau utarakan kepada saya dan pencerahan tersebut saya coba dengan burung kenari tersebut, memang tidak diduga dan tidak dinyana solusi tersebut berhasil sehingga burung kenari saya tersebut mapan saat bertelur di tempat telurnya.
Terima kasih sampai jumpa di postingan berikutnya

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET