Tuesday, May 29, 2012

Kematian Anakan Kenari

Telur Kenari Lokal

Kadang kita sebagai peternak burung kenari khususnya kurang hati - hati dalam merawat indukan burung kenari yang sedang menetas, pada saat menetas yang wajib kita perhatikan adalah bagaimana menjaga anakan burung kenari tersebut tetap terjaga sehat dan dewasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan saat anakan burung kenari tersebut sudah beranjak dewasa tinggal nunggu keluar dari tarangan mengalami kematian inilah yang sering terjadi dalam beternak burung kenari, dimana kejadian ini saya alami yang menjadi pertanyaan adalah "apa yang menyebabkan kematian tersebut?" padahal tinggal nunggu dewasa saja anakan burung kenari tersebut. 
Saya akan membahas tentang kejadian - kejadian kematian anakan burung kenari yang pernah saya alami, dulu saya pernah mempunyai indukan dengan 3 anakan burung kenari dimana sudah dewasa tinggal nunggu aja dewasanya akan tetapi menjelang keluar dari tarangannya anakan burung kenari tersebut dibuang oleh indukannya, saya selalu berpikir kenapa anakan burung kenari tersebut dibuang dari tarangnya bahkan sampai menyebabkan kematian pada anakan burung kenari tersebut, saat saya lama mengamati indukan tersebut bahkan sampai punya telur lagi dan saat telur tersebut menetas juga mengalami hal yang sama, dengan waktu yang lumayan lama baru saya ketahui bahwa yang menyebabkan hal itu adalah hewan lain karena merasa indukannya terganggu dan mengalami stres maka membuang anakannya itu dan saat saya pertahankan tidak mengalami perubahan maka indukan kenari tersebut saya jual.
Faktor yang lain adalah karena indukan burung kenari tersebut tidak mau ngeloloh anakannya saat angkrem indukan burung kenari tersebut mau angkrem sampai menetas dan saat menetas mau ngeloloh sampai umur maksimal 1 minggu akan tetapi setelah 1 minggu indukan burung kenari tersebut gak mau ngeloloh sampai anakan burung kenari tersebut mati kalau udah mati kadang akan dibuang dari tarangannya, penyebab yang lain dan baru saja saya alami bahkan 7 ekor anakan burung kenari saya dari 2 indukan mati semua, liat kondisi cuaca dulu saat musim penghujan cuaca sangat dingin engkraman indukan burung kenari tidak bisa memberi kehangatan yang cukup maka kematian karena cuaca yang dingin solusi yang harus diambil adalah saat cuaca yang dingin maka harus diberi kehangatan yang lebih yaitu dari lampu didalam kandang burung kenari yang angkrem tersebut, dan juga jangan lupa kasih di tempat yang agak tertutup supaya udara dingin gak masuk, hal yang lain masih dari cuaca yaitu cuaca yang panas, dengan cuaca yang ekstrem panasnya juga dapat menyebabkan kematian pada anakan burung kenari dengan suhu yang sangat panas kadang indukan burung kenari sering mikir dirinya sendiri gak mau ngerawat anakan yang kelaparan ataupun kehausan sehingga menyebabkan kematian karena kekeringan pada anakan burung kenari tersebut.
Itulah beberapa hal yang menyebakan kematian pada anakan burung kenari,,,silahkan sharing disini

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET