Monday, June 11, 2012

Betina Dere Telur Gak Isi

Dere - Dere Burung Kenari
Kadang kita membeli indukan burung kenari siapan adalah sebuah jaminan bahwa calon - calon indukan tersebut bakalan dapat kita pakai untuk regenerasi indukan betina burung kenari akan tetapi tidaklah sesimpel yang kita gambarkan selama ini ternyata saya mendapatkan beberapa indukan betina siapan atau dere, bahkan dere - dere cantik polos - polos semua warnanya, setelah semua dere - dere tersebut mulai mengambil serat - serat di bawah maka saya pisah dan saya masukkan ke dalam sangkar ternak ternyata masihlah nuggu selama beberapa hari, memang untuk mencetak dere menjadi babon haruslah menunggu agak sedikit lama beda yang sudah babon paling lama 1 minggu dah pada telur semua, kalau dengan dere yang masih perawan hampir 2 minggu lamanya saya menuggu untuk bertelur dan pada akhirnya menunggu dan menunggu berakhirlah juga penantian saya untuk menunggu dere burung kenari saya tersebut bertelur. Setelah bertelur angkremlah juga indukan dere tersebut sampai bertelur 4 butir dan juga saya menyaksikan proses perkawinannya tersebut sampai akhirnya haruslah menunggu lagi untuk menetas akan tetapi apa yang terjadi?, penantian saya gak kunjung usai karena telur yang diengkarmi tersebut tidak menetas dan kecewalah penantian saya tersebut, saya cuman berpikir mungkin ini karena telur yang diengkrami tersebut adalah telur tembean maka tidak saya ambil pusing, dan telur tersebut saya buang dan setelah indukan dere tersebut mulain birahi lagi dan sudah mulai angkat - angkat serat nanas dan bunderi pada tempat bertelurnya maka saya masukkin lg pejantannya dan tibalah lagi penantian saya mulai dari bertelur sampai dengan mengerami telurnya selama 2 minggu, tahukah para pembaca hasilnya mungkin tidak sepeti yang pembaca harapkan ternyata telurnya tidak isi lagi, saya berpikir terus apakah pejantannya yang gak isi dan pejantan saya coba dengan betina lain dan ternyata betina yang saya kawinkan ama pejantan tersebut ngisi 4 dari 4 telur dan sekarang dah menetas 3 ekor.

Anakan Kenari
Bisa para pembaca lihat gambar disamping, ini adalah hasil dari pejantan yang saya kawinkan ama betina dere tersebut dah menetas 3 ekor, jadi bisa disimpulkan bahwa yang gak ngisi adalah betinanya walaupun sudah telur tapi tidak mau menetas, dengan hal tersebut saya belum punya solusinya mungkin ada temen - temen yang memiliki cara mengatasi betina dere yang gak subur

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET