Wednesday, June 20, 2012

Memandikan Burung Kenari

Kenari Jantan
Kadang kita sebagai juga pengen untuk melombakan burung kenarinya dimana burung kenari yang dilombakan haruslah berbeda dalam perawatannya baik dari segi perawatan kandang ataupun dari perawatan burungnya itu sendiri, untuk perawatan kandang lebih mudah karena perawatan kandang hanyalah membersihkan kotoran dari burung kenari tersebut yang lainnya saya rasa tidak begitu penting asalkan jangan jatuh dari gantangannya saja hehehehehehehe.
Ya sedikit omong kosong aja dulu hehehehehehe saya cuman ingin membagi pengalaman saja dimana dulu sebelum saya breeding saya juga penghobi cuman pelihara 3 ekor jantan untuk kicauan saja di rumah dan dalam perawatannya saya juga tidak lupa memandikan burung kenari saya tersebut agar bulu - bulunya bersih dan mengkilat, saat itu saya juga belum mempunyai pengalaman akan bagaimana cara memandikan burung kenari tersebut yang kemudian saya membeli alat semprot yang dijual di toko - toko pakan burung, setelah saya beli alat semprot tersebut kemudian saya gunakan untuk memandikan burung kenari dan saya semprotkan dengan air keluar sangatlah halus sekali akan tetapi yang terjadi adalah burung kenari saya itu setelah basah kena air malahan jatuh dari tempat bertenggernya ke alas kandang sayapun terkejut dengan apa yang terjadi saya kira burung kenari saya terssebut mati ternyata tidak setelah jatuh kemudian burung kenari tersebut berdiri lagi sambil mengigil kedinginan setelah saat itu saya gak pernah memandikan burung kenari saya tersebut karena takut kejadian hal yang sama lagi. Lain hari saya jemur burung kenari saya tersebut saya melihat burung kenarinya mandi sendiri dari tempat minumnya yang lumayan tanggung dan saya perhatikan kalau saat mandi sendiri tersebut burung kenari itu gak ada masalah kayak di semprot pakai alat semprot tersebut.
Jadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa pada dasarnya burung kenari juga pengen bersih baik itu pagi, siang bahkan malam haripun burung kenari juga pengen bersih maka dengan nalurinya sendiri waktu pengen bersih maka burung kenari tersebut akan mandi sendiri juga entah kapan waktunya pasti akan mandi dari tempat minumnya. Saya juga pernah diberi informasi dari senior saya yang bernama MURJOKO TRI WIBOWO peternak burung kenari ring A N T pengging BF kalau memandikan burung kenari dengan cara semprot itu tadi bisa menyebabkan kebutaan pada mata saat kita nyemprotkan air ke arah burung kenari tersebut.

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET