Monday, July 1, 2013

Sharing Ternak Burung Kenari

sharing cerita menurut para peternak semua kondisi yang bagaimanakah yang baiknya kita kawinkan burung kenari, karena saya memiliki pengalaman beberapa indukan betina burung kenari saya yang umurnya sudah 2 tahun agak sedikit antik disebabkan karena tetesan dan perawatan anakannya, awal kejadian dulu saat dere saat belinya dan saya rawat sampai dalam kondisi siap dikawinkan dan saya kawinkan dan telur 4 saat menetas tetasannya sangatlah sempurna, menetas semua dan dirawati dengan sempurna pula, akan tetapi pada kondisi tetasan berikutnya untuk perawatannya sungguh diluar dugaan sangatlah jelek kalau menetas 3 ataupun 4 cuman di beri makan sempai umur 1 sampai 2 minggu setelah itu anakannya cuman diloloh 1 ekor saja dan yang lainnya cenderung mati kejadian ini hampir beberapa lama terjadi bahkan saat kawin belum tentu dapat ngisi, akan tetapi beberapa minggu yang lalu saya kawinkan dengan pejantan lokal bertelur 3 saat saya sorot ngisi semua dan menetas semua saat aya pantau tiap hari ternyata perawatan anakannya sangatlah bagus lolohannya juga sangat memuaskan.
Saya cuman berpikir apakah burung kenari ini memang harus melalui sistem musim kawin juga untuk mengawinkannya mungkin kalau ada temen-temen peternak burung kenari yang memiliki solusi dapat sharing disini terimakasih sebelumnya

16 comments:

  1. Wah.. sharing yang bagus Om. Saya sendiri belum pernah mengalaminya, tapi saya pikir sepertinya tidak selalu demikian. Mungkin saja itu memang karakter betina nya yang seperti itu yang kurang telaten dan nanti seiring dengan frekuensi betina berproduksi, menjadi lebih telaten dan tahan banting terhadap kondisi lingkungan

    ReplyDelete
  2. om rias,,,,y mungkin juga om tp kondisi betina ny sekarng telur lemu om habis telur gak isi padahal saya kawinkan dengan pejantan yg sama yg dulu netes 3

    ReplyDelete
  3. numpang sharing om. apakah benar kalu indukan kenari berwarna putih itu susah diternak?mohon pencerahan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk jenis kenari warna putih memang agak sulit om tp sy pernah punya yg warna putih sama saja dgn yg warna lain kdg mlah yg warna lain itu ada jg yg birahiny lama jd utk birahi trgantung burung kenari tersebut om,,,maaf klo sy salah mgkn ptrnak lain ad tanggapan lain

      Delete
    2. bener om,, menurut pengalaman ane kenari betina putih emang susah. ane punya 4 betina,, 1 pejantan,betina putih 2 ekor telur2 nya ga netas semua,, sementara indukan yg lain (warna lain) bagus netasnya..

      Delete
  4. sy bener2 penasaran dg betina saya yg berwarna putih om. bulu skitar di dubur dan sekitarnya sudah rontok.bahkan kulitnya sudah berwarna kemerah2an dan sudah membuat sarang.tapi, pas sy kawinkan malah berantem.bahkan dg 5 pejantan yang berbeda nasibnya sama gk mau kawin2. dan pernah bertelur 2 tapi tidak disarangnya malah di bawah. coba bin coba, telurnya saya pindahkan ke betina lain yang lagi ngerami mungkin bisa menetas. mohon penjelasan.matur nuwun....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karakter kenariny om ato cba sistem cmpur pejntan dlu aj om mgkn bs mmbntu pejantannya utk mengarahkan betinanya utk bertelur d tempat ny kdg ad pejantan yg membawakan serat utk mmbuat sarang maaf klo slh om

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf om komen ny tidk sengaja trhapus,,,,klo putih mmg kt nya sih agak sulit y itu tdi klo karakter kenari birahi ny cepet y jd induane cpt jg

      Delete
  6. Dear om...
    Kalau kenari lokal orange. Sm kenari impor. Kira" gmn om,,,? Mau nnga di jdhn om...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. slma masih satu jenis gak mslh om kdg dgn jenis yg lain aj mau sy prnah dengar kenari x am bt jdi ny blacken, YS x am lokal jdi f1, semua bs omtgl kita ny aj mau bersbr

      Delete
    2. telur kenari saya udah 2 kali kok nggak menetas ya . padahal udah di erami betinya ? .

      Delete
    3. cek lewat sorot lampu om telur ny isi ato gak bisanya klo gak isi kndala pd pjntan nya

      Delete
  7. telur kenari saya udah 2 kali kok nggak menetas ya padahal udah di erami betinanya ?

    ReplyDelete

CANARI ZUET