Wednesday, July 10, 2013

Umur Anakan Burung Kenari Ganti Bulu

Anakan Burung Kenari Lokal
Kadang kita sebagai peternak burung kenari mungkin sudah paham akan umur dari burung kenari dari anakan sampai dewasa dan kapan anakan burung kenari akan ganti bulu, seperti yang terjadi beberapa bulan ini banyak yang mencari burung kenari betina yang akan digunakan untuk belajar beternak kenari dan mereka mencari umur yg katanya 7 bulan ke atas, memang dari segi prediksi untuk beternak burung kenari memang segitulah umurnya dan kebanyakan orang akan mencari betina burung kenari yang sudah umur 5 bulan ke atas dan memang tidak dipermasalahkan dalam hal pencarian umur yang segitu akan tetapi untuk segit birahi kita juga tidak tau kapan burung kenari betina yang masih muda itu akan birahi dan bertelur.
Inilah yang sedang terjadi, saya memiliki siapan burung kenari betina semua rata-rata, saya pelihara dari kecil sampai dengan dewasa sudah nyulam bulu (catatan nyulam itu bukan ganti bulu/mabung) maaf kalau saya salah, saat saya amati ada beberapa bulu-bulu yang sudah rontok cuman tidak semua sampai dengan bulu-bulunya sudah halus saat saya amati siapan burung kenari betina itu belum juga birahi cuman sudah bunyi cuit cuit cuit cuit 39999x tapi tidak birahi juga selang beberapa lama saya amati lagi ternyata ada bulu-bulu besar yang rontok seperti bulu sayap, ekor dan bulu yang lainnya. Inilah yang saya alami secara beberapa bulan saat saya mau regenerasi indukan betina burung kenari, dengan begitu banyaknya bulu-bulu yang rontok ternyata dari usia anakan burung kenari sampai dengan dewasa maka burung kenari itu mengalami ganti bulu 2x yang pertama nyulam dan yang kedua mabung. Setelah mabung ini maka siapan burung kenari barulah bisa dikatakan siap untuk digunakan sebagai betina untuk indukan karena bulu-bulu piyik bawaan semua sudah tergantikan dengan bulu-bulu barunya. Disinilah bisa dikatakan siap untuk siapan betina burung kenari, cuman untuk rontok bulu saya belum mengetahui secara pasti bulan keberapa akan ganti bulu cuman untuk nyulam bisa kita prediksi di bulan ke 4 atau ke 5 dari piyian.

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET