Monday, May 28, 2012

Pakan Pada Kenari Menetas

Anakan Kenari Lokal
Pada dasarnya saat indukan burung kenari yang menetas saat menetas akan memberikan makanan pada anakannya lebih ekstra di alam liar, begitu juga saat burung kenari yang ada di dalam sangkar saat kita breeding misalkan udah menetas kita sebagai pemilik juga harus memikirkan apa yang harus kita pikirkan untuk menambahkan makanan untuk anakan burung kenari tersebut saat meloloh anakannya. Saat meloloh anakan jangan lupa diberikana makanan ekstra, kalau biji - bijian udah pasti kita harus berikan tapi juga harus ditambah dengan sayur - sayuran segar untuk mempermudah saat indukan burung kenari meloloh anaknya, untuk makanan ekstra lainnya adalah telur baik itu telur puyuh ataupun dari telur yang lain untuk menambahkan makanan piyikannya, sebagai catatan saja pada saat memberikan telur pada piyikan diharuskan untuk pagi dan sore hari dikarenakan telur yang sudah lama akan menimbilkan bau yang kurang enak untuk itu bisa menjadi racun saat digunakan untuk makanan piyikannya, klo memang luang waktu untuk merawat burung kenarinya banyak bisa juga 3 kali sehari untuk penunjang gizi bagi piyikan burung kenari tersebut. Tapi ada beberapa peternak yang menambahkan susu ataupun makanan lain untuk menunjang bagi piyikannya, untuk susu ataupun makanan yang lain saya sendiri kurang pahan merk apa yang digunakan karena saya belum pernak menambahkan makanan ekstra yang begitu mahal.
Ya sekilas saja ataupun tambahan untuk menambahkan perawatan pada indukan betina yang udah menetas diberikan makanan penunjang boleh saja tapi kita liat kita ternak dari burung kenari jenis apa dulu kalau seperti saya yang hanya ternak burung kenari lokal maka tidak sesuai dengan pengeluran dan harga yang nantinya kita komersilkan. Untuk makanan yang kita berikan dan wajib ada adalah biji - bijian dari 5 unsur, milet merah, milet putih, kenari Z, biji sawi, niger itu semua harus ada dan tiap hari juga harus diganti kemudian makanan yang lain seperti sayur misalkan slobor, sawi hijau, makanan pokoknya adalah telur baik itu telur puyuh ataupuan dari telur apapun yang penting harus ada, makanan itu saja sudah cuku untuk menunjang indukan betina yang baru menetas sampai dengan anakannya dewasa.
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, sampai jumpa di postingan berikutnya

2 comments:

  1. terimakasih banyak mas atas infonya sangat membantu saya,soalnya saya baru punya burung kenari dan sedang mengerami telurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 om obat magg hheheheheeee share pngalaman aja disini om

      Delete

CANARI ZUET