Monday, March 18, 2013

Burung Kenari Kena Kutu

Anakan AF
Masalah ini saya dapatkan dari seorang temen yang juga sebagai guru saya beternak burung kenari dimana setiap masalah beliu ini yang kadang membantu saya untuk mencari solusinya dan ternakannya juga sudah puluhan tahun dan nama Ring nya adalah A n T Pengging. Dan saat saya buka FB ternyata ada juga yang memiliki masalah yang terjadi pada guru saya tersebut dialami oleh seorang temen di FB, masalah yang dihadapi adalah burung kenari kena KUTU.
Pejantan atau Betina Kena Kutu
Jika yang terkena kutu adalah burung kenari yang sudah dewasa baik itu betina ataupun pejantan mungkin dampaknya tidak sebesar yang terjadi dampak terburuk munkin bulu-bulu akan seperti ada lubang di sisi-sisi sayapnya atau saya akan patah yang kemudian akan rusak dan membuat bulu-bulu burung tidak cantik lagi.
Bagi Betina Punya Anak
Kalau yang terkena kutu adalah indukan betina yang sedang angkrem atau memiliki anak maka dampak yang terjadi akan sangatlah fatal karena kutu akan menyebabkan kematian pada anakan yang sedang tumbuh dewasa, guru ternak saya dulu cerita kalau indukan yang beliau ambil dari tempat saya sudah bertelur 4 butir dan sudah menetas 3 ekor saat beranjak dewasa dan kondisi anakannya sudah keluar bulu-bulu ngebungnya ternyata ada bercak darah di bulu-bulu tersebut dan saat diperhatikan dengan seksama ada seperti titik-titik hitam bergerak dan banyak dan ternyata titik-titik hitam itu merupakan kutu, dimana kutu-kutu tersebut menghisap darah pada bulu-bulu muda yang masih ada darah pada ujungnya dan jika dibiarkan secara terus menerus maka akan membuat habis bulu-bulu itu dan menghisap darahnya juga sampai habis dan anakan burung kenari yang dihisap darahnya oleh kutu tersebut akan mengalami kematian akhirnya.
Uraian diatas merupakan salah satu kejadian yang menyebabkan peternak merugi karena banyak anakan yang mati karena kutu sebagai catatan saja kutu-kutu itu ada karena ada faktor hewan lain dan yang paling besar penyebab kutu itu ada adalah faktor AYAM karena ayam merupakan tempat dimana berkumpulnya kutu atau burung dara, untuk mengatasi kutu tersebut obat yang harus dipakai adalah NO KUTU dimana obat ini merupakan obat cair sedikit saja saya uraikan penggunaannya untuk pemakaian ada pada botol kemasannya, tetesan obat tersebut di leher atas, sayap kiri kanan dan tetesan yang digunakan cuman 2 tetes saja dan tiap hari harus diperhatikan kalau kutu-kutu sudah tidak ada maka jangan dipakai lagi.
Terima kasih atas kunjungannya sukses buat para peternak burung kenari

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET