Tuesday, March 5, 2013

Indukan Burung Kenari Mabung

Anakan Kenari Lokal
Untuk burung kenari indukan betina saat sudah bertelur sampai dengan punya anakan kadang kondisi bulu kurang kita pahami kapan akan mabung atau tidak karena kondisi bulu yang cenderung lusuh (kluwuk bahasa jawa nya heheheheee) dan dipandang tidak terlalu bagus dari segi warna ataupun pandangan, tapi bukan itu yang ingin saya bagikan akan tetapi akibat dari mabung tersebut terhadap burung kenari yang sedang mabung.
Saat indukan burung kenari betina yang produk mabung tidak seperti kondisi burung yang kita buat sebagai pekicau jatuhnya bulu atau rontoknya bulu seperti nyulam bulu saja akan tetapi kondisi tersebut merupakan rontok bulu atau mabung sebab tidak terlalu banyak bulu yang rontok disebabkan karena kondisi burung kenari tersebut kurang terkena sinar matahari jadi bulu yang rontok cenderung satu demi satu, kalau nanti burung kenari tersebut dijemur maka akan banyak bulu - bulu halus yang nantinya akan rontok, jadi sebagai kesimpulannya adalah kita harus paham akan kondisi yang dihadapi oleh burung kenari yang sedang angkren ataupun punya anak.
Akibat yang sering kita hadapi dalam kondisi diatas mudah saja tinggal kita istirahatkan sesudah selesai mabung kita siapkan lagi untuk indukan lagi, tetapi kita harus ingat juga pengalaman ini saya dapat dari seorang teman peternak juga yang bernama Om Genjik bukan nama asli heheheheeee kemaren beliau menanyakan tentang burung kenari betina indukan yang sedang mabung tapi bunder tarangnya, dengan kejadian tersebut kita harus sigap kondisi tersebut apakah nantinya saat bertelur bisa menetas atau tidak, cuman sharing pengalaman saja dulu saya juga punya indukan yang seperti itu saat saya kawinkan dengan pejantan dan bertelur 5 butir saya tunggu selama 1 minggu dan saya sorot pakai senter korek api ternyata 5 telur tersebut tidak satupun yang isi, jadi kesimpulan dari pembahasan ini adalah saat burung kenari indukan betina sedang mabung walaupun birahinya besar saat dikawinkan belum tentu bisa ngisi ini bukan karena faktor pejantan tapi faktor betina yang ganti bulu.
Tips saja saat indukan burung kenari betina sedang mabung sebaiknya jangan ditempatkan didalam kandang ternak karena kandang ternak yang tersedia tarang dan serat karakter burung maka akan selalu bunder dan ingin bertelur, sebaiknya saat burung sedang mabung ditempatkan di sangkar polier atau kandang tersendiri yang tidak ada tarangnya sampai kondisi burung tersebut fit

22 comments:

  1. kalo yg jantan sdng mabung. n mngawini betina tdk mabung.. bisa mnetas tdk pak. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pngalaman saya om baik yg mabung betina ato jantan cenderung gak isi om krna salah stu nya bru dlm pembentukan bulu2,,,,saat sdang mabung kondisi burung kenari tidak fit mka perlu istirahat om,,,maaf klo salah dri pengalaman saja

      Delete
  2. betina saya dalam kondisi rontok bulu ekor tapi nekat saya kawinkan, ternyata nelor 4 dan isi semua, namun hanya 2 yg menetas, sdgkn yg lain mati dalam cangkang. saat kenari mabung, perbanyak saja konsumsi proteinnya. nah skrg justru pejantannya yg rontok bulu ekor dan akan saya kawinkan. smoga saja bs isi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo rontok bulu ekor sja itu cuman nyulam om bkm mabung, klo kondisi sprti itu gak mslah utk d kwinkan, cuman klo kondisi mabung total bisa tlur cuman gak isi om,,,,ap lgi utk pjntan kbnyakan gak isi klo kondisi mabung total, maaf klo salah

      Delete
    2. Terima kasih ilmu nya para suhu

      Delete
  3. maaf om pejantan saya habis mabung nunggu bulu halus kurang dikit lagi kalo di kawin kan kira kira isi tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masih ngebung sbaiknya jgn om,,,,klo pun isi d kuatirkan akan rontok bulu scra trus mnrus itu yg sy alami,,,,maaf klo salah dri pnglman sj om

      Delete
  4. Om saya baru beli kenari betina udh 1 mijggu sy jodohkan wktu sy bli dlm keadaan tumbuh bulu bru kenarinya,yg sy mao tnyakan apakah masalah sy 1 kan 1 kandang ato saya pisah aja? tks infonya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masih dlam kedaan mabung sebaik ny dipisahkan dulu aj om supaya nantinya tidak rontok bulu berkelanjutan

      Delete
  5. kalo Pejantannya Nyulam di kawinkan ngisi gk ya om?ada efek samping gak bbwt pejantanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 99% gak isi om ap lagi pjantan yg sudah silangan am import,,,dan efek samping dri jantan akan mengalami mabung yg gak kunjung selesai

      Delete
  6. Kalo betina bulu yang romtok di bagian leher gmn y om, kira kira bisa isi gak telurnya...makasiiihh

    ReplyDelete
  7. om kenari jantan saya cuma rontok bulu ekor aj... mungkin nyulam ya... bs di kawinkan gk.. soal y udh nemu jodoh dia.. hahaha

    ReplyDelete
  8. om kenari jantan saya rontok. bulu ekor aj.. bs di kawin kan kagak soal y udh nemu. jodoh y hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya nggu smpi bulu ekor selesai om

      Delete
    2. Om mau nanya. Ini kenari saya udah saya jodohkan hampir 3 minggu tapi belum mau kawin, apa masalah nya di betina nya yang sedang mabung ?

      Delete
    3. klo kondisimbung sbaik ny jgan d kwinkan om,,,krna kmugknan jdi kecil klo pun jd gak mksimal

      Delete
  9. Asslkm..sy punya knri jntmnya agresip tp betinanya galak..akhirnya si jantan yang agresifpun blm bisa berjidoh..ada apa ya dg sibeina dn bgmn solusinya

    ReplyDelete
  10. Dokor apaakah tidak termasuk mabung mas..kog klau dokor tidak masalah jika d kawinkan.soal e punya saya kmaren pjantan e dokor tinggal beberapa dan sekarang di tinggal angkram 3 umur 1 minggu.makasih

    ReplyDelete
  11. om mau tanya,,apakah indukan yg sedang mabung kalo di satukan/istirahatkan sama indukan lain proses mabungnya akan bertambah Lama???

    ReplyDelete

CANARI ZUET