Sunday, March 3, 2013

Burung Kenari Pilek

Anakan AF
Informasi :
Beberapa hari yang lalu saat saya main ke tempat om yang juga bredding kenari bilau sedang merawat burung kenarinya yang beliau dapat dari seorang temannya yang ternyata burung kenari tersebut merupakan anakan dari tempat beliau tapi masih memakai pejantan yang pertama, saat ngobrol - ngobrol saya tanya "Om, kenapa dengan kenarinya?", beliau menjawab "Burung ini sedang kena pilek", saat ngobrol kami sambung terus menerus beliau menjelaskan bahwa burung kenari tersebut sedang sakit pilek dimana hidung dari burung kenari tersebut mengeluarkan lendir kayak orang kena pilek. Walau burung kenari tersebut kena pilek akan tetapi burung kenari tersebut masih mau bunyi cuman waktu bunyi kurang keras dan bunyi seenaknya saja kadang waktu tidak bunyi bulu - bulu burung kenari tersebut mekar. Ini merupakan informasi beberapa minggu yang lalu dimana faktor terbesar penyebab burung kenari terkena pilek adalah cuaca dingin dimana sekarang ini cenderung banyaknya hujan di berbagai daerah. Dan baru kemaren malam ada kabar dari adik yang berdomisili di Jawa Timur tepatnya di Mojokerto yang menanyakan tentang obat untuk pilek burung kenari.
Informasi ini baru saya postingkan hari ini karena penyakit pilek burung kenari hanya terjadi pada burung kenari 1:10.000 burung kenari kalau cuaca dingin yang sering terjadi pada burung kenari terkena penyakit serak atau napas mungkin pilek merupakan perkembangan dari serak atau napas yang berevolusi, saat saya tanyakan pada Om yang duluan bredding burung kenari yang berpengalaman beliau memberikan solusi untuk diberikan spektra dulu setelah beberapa saat lamanya ditempat beliau ternyata tidak ada perkembangan, sudah diupayakan berbagai obat dan ternyata tidak ada perkembangan sama sekali setelah di kembalikan saya mendapatkan informasi dari teman kalau burung kenari yang terkena penyakit pilek tersebut sudah mati, saat saya tanya ama Om saya tentang burung kenari yang terkena pilek Om saya menjelaskan kalau pilek belum bisa diatasi dengan obat biasa harus dengan obat khusus pilek untuk jenis burung kenari dan juga kalau di tempatkan dalam satu ruang dengan burung kenari yang lain di kuatirkan akan menyebar ke burung kenari yang lain, itu tegas Om saya.
Jadi kesimpulan yang saya dapat dari keterangan Om saya tadi untuk burung kenari yang terkena pilek lebih baik di jual saja ke pasar burung saja, yang terpenting adalah harus keluar dari tempat terkenak atau bredding.

No comments:

Post a Comment

CANARI ZUET